Teori Motivasi



  •  Teori Motivasi Herzberg dan McClelland

      Henberz Melihat Kepuasan atas pencapaian kerja berasal dari faktor instrinsik, dan sebaliknya ketidak puasan pencapaian kerja berasal dari unsur ekstrinsik. faktor intrinsik meliputi :

  1. Pencapaian
  2. Pengakuan
  3. Tanggung jawab
  4. Kemajuan
  5. Pekerjaan 
  6. Perkembangan
      Sedangkan faktor ekstrinsik Meliputi :

  1. Upah 
  2. Kondisi kerja
  3. Keamanan kerja
  4. Status
  5. Procedur perusahaan 
  6. Mutu penyeliaan
  7. Mutu hubungan  interpersonal antar rekan kerja.


       Ada tidaknya 2 faktor ini bukan berarti ketidak puasan atas kondisi, tetapi jika adanya 2 faktor ini akan lebih membentuk motivasi yang kuat dan menghasilkan kinerja maksimal . Jadi faktor ekstrinsik disebut juga sebagai pemuas atau motivator. Teori dua faktor herzberg mengasumsikan bahawa hanya beberapa ciri pekerjaan dan karakteristik dapat menghasilan motivasi.


  • Teori Kebutuhan oleh  McClelland

       Teori kebutuhan McClelland dikemukakan oleh David Teori ini berfokus pada tiga kebutuhan, yaitu :


  1. Kebutuhan akan prestasi
  2. Kebutuhan akan kekuasaan 
  3. Kebutuhan akan affiliansi


       Kebutuhan akan prestasi yaitu dorongan untuk berprestasi dan mengungguli orang lain , dengan adanya kebutuhan tersebut seseorang akan  terus giat agar bisa mengungguli dan mempunyai prestasi lebih. prestasi ini sangat menunjang kita dalam meningkatkan mutu belajar, apalagi jika setiap mahasiswa dapat menerapkan kebutuhan ini pasti memiliki hasil yang bisa di banggakan. setiap orang pasti mempunyai dorongan yang kuat sekali agar mendapatkan pencapaian.
    
     Next, David McClelland mengemukakan enam karakteristik yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi :

 1. Memiliki tanggung jawab yang tinggi
 2. Berani Mengambil resiko
 3. Memiliki tujuan yang jelas
 4. Memiliki agenda kerja yang menyeluruh dan berjuang untuk mendapatkan pencapaian.
 5. Memanfaatkan umpan balik yang konkrit dalam semua kegiatan yang dilakukan
 6. Mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah di program

        Kenapa David McClelland menempatkan tanggung jawab di urutan pertama, saya sangat setuju dengan gagasan ini ,  memang susah untuk bertanggung jawab jika kita tidak bisa disiplin, karna tanggung jawab sangat erat hubungan nya dengan kedipsiplinan, berani dalam mengambil resiko dan juga harus memiliki tujuan yang jelas itu yang harus kita miliki karna dengan adanya semua itu kita bisa mengafirmasikan semua yang kita inginkan.




  • My analysis


  Sekedar Berbagi Ilmu , Semua yang di kemukakan oleh master-master diatas memiliki tujuan yang satu yaitu kepuasan lahir & batin, saya beranggapan jika seseorang harus mengikuti cara orang lain mungkin hasilnya kurang maksimal atau malah sebalik nya . semua kesuksesan,kepuasan lahir & batin itu hanya kita sendiri yang bisa merasakan, dengan kunci bersyukur atas apa yang telah dilakuakan & dikerjakan kita akan lebih tau. mungkin kita tak pernah menyadari atas hadiah yang sangat luar biasa yang di ciptakan oleh tuhan ! seperti otak yang sama tetapi memiliki pola pikir yang berbeda. semua bergantung kepada kita, baik dan buruk , salah dan benar.

sampai disini dulu.
IAN
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kolom untuk berbagi kritik dan saran nya :D