Mengatasi Konflik Dalam Organisasi

   Pengertian 

      Konflik merupakan adanya suatu proses yang terjadi karena ketidak sesuian dan kesepakatan yang antara kedua pendapat yang tidak sepadan (berbeda sudut pandang) baik itu positif maupun negatif. Perbedaan pendapat tidak selalu berarti berbeda keinginan,karna pada dasarnya konflik bersumber dari keinginan, dan tidak semuanya pendapat yang berbeda itu dinamakan konflik.
       Konflik tidak selalu di hindari , karna tidak selalu konflik yang mengandung negatif, dengan cara mengatasi konflik dan menanggulangi dengan keinginan dan perundingan antara kedua belah pihak maka kita dapat mengatasi konflik yang ter jadi , atau dengan adanya musyawarah
        Adapun jenis-jenis konflik antara lain :
  • konflik intrapersonal
  • konflik interpersonal
  • konflik antar individu dan kelompok
  • konflik antar kelompok 
  • konflik antar organisasi                                 
      1.Konflik Intrapersonal 
          Yaitu konflik dengan dirinya sendiri , di sumberkan karena seseorang memiliki dua keinginan yang ingin di penuhi dalam waktu sama dan tak mungkin terpenuhi sekaligus. ya kita lihat di jaman sekarng ini orang ingin memiliki kebutuhan dan peranan-peranan yang bersaing.
   
      2.Konflik Interpersonal
           Konflik Interpersonal adalah pertentangan antar seseorang dengan orang lain karena pertentengan kepentingan atau keinginan. Hal ini sering terjadi antara dua orang yang berbeda status, jabatan, bidang kerja dan lain-lain. 
     
       3.Konflik antar Individu dan Kelompok
            Hal ini seringkali berhubungan dengan cara individu menghadapi tekanan-tekanan untuk mencapai konformitas, yang ditekankan kepada mereka oleh kelompok kerja mereka. 

       4.Konflik antara kelompok dalam organisasi yang sama   
             Konflik ini merupakan tipe konflik yang banyak terjadi di dalam organisasi-organisasi. Konflik antar lini dan staf, pekerja dan pekerja – manajemen merupakan dua macam bidang konflik antar kelompok.

       5.Konflik antara organisasi  
             Contoh seperti di bidang ekonomi dimana Amerika Serikat dan negara-negara lain dianggap sebagai bentuk konflik, dan konflik ini biasanya disebut dengan persaingan.Konflik ini berdasarkan pengalaman ternyata telah menyebabkan timbulnya pengembangan produk-produk baru, teknologi baru dan servis baru, harga lebih rendah dan pemanfaatan sumber daya secara lebih efisien.

 Peranan Konflik

  1. Pandangan tradisional 
  • Konflik hanya merugikan organisasi, karena itu harus dihindarkan dan ditiadakan.
  •  Konflik ditimbulka karena perbedaan kepribadian dan karena kegagalan dalam kepemimpinan.  
  • Konflik diselesaikan melalui pemisahan fisik atau dengan intervensi manajemen tingkat yang lebih tinggi. 
 
    2.Pandangan Modern
  • Konflik adalah suatu akibat yang tidak dapat dihindarkan dari interaksi organisasional dan dapat diatasi dengan mengenali sumber-sumber konflik. 
  • Konflik pada umumnya adalah hasil dari kemajemukan sistem organisasi  
  • Konflik diselesaikan dengan cara pengenalan sebab dan pemecahan masalah. Konflik dapat merupakan kekuatan untuk pengubahan positif di dalam suatu organisasi.                                  
              Kesimpulan yang dapat saya ambil:

    Konflik tidak selalu merugikan , konflik bukan harus di hindari tapi dihadapi dengan mendengarkan apa keluhan ,masalah yang menyebabkan konflik dan kita pasti punya solusi untuk mengatasi , apa bila konflik di hindari lambat laun pasti akan muncul masalah yang sama , lebih baik di atasi akan lebih menguntungkan kedua belah pihak dengan keputusan yang adil dan bijaksana. (sayang indonesiaku ga begitu)          

Faktor-faktor Terjadinya Konflik
    
      adapun cara untuk menangani konflik harus terlebih dahulu mengetahui kemampuan individu/kelompok atau organisasi:

1. Introspeksi diri
2. Mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat
3. Identifikasi terjadinya konflik
4. Menetapkan keputusan baru dengan keputusan yang adil + bijaksana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kolom untuk berbagi kritik dan saran nya :D