ILMU BUDAYA DASAR

                                      KATA PENGANTAR

          Ilmu social dasar ini adalah hal yang mempelajari tentang nilai-nilai yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari baik dari pola pikir maupun dari segi bertingkah laku dan juga ruang lingkup . IBD ini juga salah   satu tempat/wadah untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di nusantara. Jadi IBD bukan hanya mempelajari tentang suatu pokok masalah, yakni IBD mencakup seluruh aspek-aspek manusia hingga memiliki pola pikir yang cukup luas . Disinilah kita akan timbul rasa kepedulian terhadap manusia lain, karna kita memiliki banyak pengetahuan tentang social, politik, maupun tentang ketahanan Negara.
         Fungsi dari ISD ini juga Sangat berguna juga bagi mahasiswa , karna dengan adanya IBD mahasiswa mempunyai wawasan yang luas, memiliki kemampuan akademis, kemapuan prefesional dan kemampuan personal. IBD juga sangat berpengaruh untuk memupuk rasa kepedulian terhadap sesama, menjadikan manusia lebih memiliki jiwa social yang tinggi.
         Besar harap saya, agar kita dapat menelaah hal-hal yang positif sehingga kita bisa menerapkan nya di lingkungan kita bergaul , dan menambah wawasan yang kita miliki. Semoga apa yang kita dapat kan dari IBD ini bisa meningkatkan jiwa social dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Apa bila ada kata-kata yang salah atau belum bisa di pahami silahkan beri komentar atau pun saran, sekian dan terima kasih.

       
                         PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

          Secara sederhana IBD adalah ilmu yang mengkaji tentang keanekaragaman budaya nusantara yakni hubungan antara manusia dengan budaya/ kehidupan sehari-hari. Tidak hanya berhubungan dengan budaya tapi juga politik, dan kehidupan sosial. pengelompokan besar ilmu budaya dasar ini ada tiga golongan .

1. Ilmu-ilmu alamiah 
           Ilmu alamiah yang dalam bahasa inggris nya natural scince  yaitu ilmu yang mempelajari tentang aturan-aturan yang terdapat dalam alam semesta. untuk mengkajinya kita harus menggunakan metode ilmiah. untuk mncari suatu kebenaran dan menganalisisnya, lalu hasil dari analisis tersebut di generalisasikan.sehingga mendapatkan hasil yang benar dan yang salah.

2. Ilmu-ilmu sosial 
            Ilmu-ilmu sosial ini adalah ilmu yang mengkaji hubungan antara manusia yang diambil berdasarkan ilmu alamiah , tetapi di bagian ilmu ini tidak hampir semuanya benar hanya saja mendekati kebenaran teebut, karna manusia adalah makluk sosial yang saling ketergantungan dan tidak dapat berubah keadaan nya.

3. Pengetahuan budaya 
              Pengetahuan budaya mempelajari tentang kenyataan dan kebenaran yang bersifat manusiawi, ntuk mempelajarinya kita belajar dari pengalaman-pengalaman yang unik, sehingga mahasiswa mempunyai wawasan yang luas tentang budaya seperti seni tari , seni rupa, seni musik.dan membangkitakan kepekaan tenteng manusia dan kebudayaan.



                                             TUJUAN IBD

                 Tujuan dari mata kuliah ini bagi mahasiswa ialah mahasiswa memiliki kemampuan akademis, kemampuan prefesional, kemampuan personal dan mengetahui banyak hal tenteng budaya dasar, sehinnga memiliki wawasan yang luas tidak hanya di budaya saja politik dan ketahanan negara juga dimilikinya.

 1. kemampuan akademis
           berkomunikasi secara ilmiah baik lisan mapun tulisan, menguasai peralatan analist maupun berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis.sehingga dapat memecahkan problem dengan cara alaternative yang dihadapi.

 2. kemampuan prefesional
            keampuan di bidang yang di dalaminya sehingga memiliki pengetahuan dan bakat yang tinggi di bidang profesinya.

 3. kemampuan personal 
             kalau yang satu ini mahasiswa pasti memiliki kepribadian yang bagus karna kemampuan ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan yang lainnya ,  tanggung jawab , tingkah laku , cara bertutur kata, mengenali nilai dan norma agama, kenegaraan , kemasyarakatan, sehingga mengetahui masalah apa yang di hadapi oleh masyarakat dan negara.

              Sehingga mahasiswa memiliki bekal yang bagus , ahli dalam bidang yang ditekuninya dan mampu mengabdikan keahliannya kepada masyarakat, dan negara indonesia pada umumnya.



                                       RUANG LINGKUP IBD 
        
          Seperti pengertian IBD dapat kita simpulkan bahwa manusia menjadi posisi central dalam pengkajian dan tidak hanya menjadi suatu obyek yakni bagaimana hubungan manusia dengan alam, sesama, dirinya sendiri nilai-nilai bagaimana manusia dengan sang penciptanya menjadi pusat dalam IBD , ruang lingkup pembahasan nya ada 9 yaitu :

 a. manusia dan kebudayaan 
                kita juga harus tau budaya-budaya yang ada di tanah kelahiran kita , karna di indonesia terdiri dari banyak budayadan menjaga alam sekitar sehingga brguna bagi masyarakat.
 b. manusia dan cinta kasih
                 cinta kasih yaitu rasa kasih serta cinta kepada seseorang yang didasari belas kasih . ada 3 kaitannya yaitu keterikatan, keimanan kemesraan.
 c.manusia dan penderitaan
                  penderitaan yaitu derita , seorang manusiawi pasti tau rasa nya penderitaan ini , jadi manusia harus mengetahui bagaimana penderitaan orang lain dan tidak mementingkan ego sendiri.
 d. manusia dan keindahan
                   keindahan adalah sebagian dari iman juga , karna keindahan mencerminkan hati seseorang,
  e. manusia dan pandangan hidup 
                   sebuah pengamatan yang bersifat pentig bagi manusia , karna disini kita harus mencerna dengan benar, seperti cita-cita, atau pun juga pandangan terhadap orang lain.
  f. manusia dan tanggung jawab serta pengabdian  
                    tanggung jawab seta pengabdian  adalah tingkah laku yang mencerminkan kepedulian terhadap manusia lain , mampu memberikan segala kemampuannya kepada manusia , masyarakat, dan negara pada umumnya.
 g. manusia dan kegelisahan
                    kegelisahan memang selalu timbul pda stiap manusia , rasa takut atau gundah yang selalu menghantui setiap insan . kalau hal ini tidak ada, mungkin kita juga bisa di bilang tidak peka terhadap satu masalah, setiap mahasiswa harus mampu meredamkan rasa gelisah.
 h. mausia dan harapan 
                     setiap manusia pasti mempunyai harapan yaitu hal yang diinginkan sehingga terwujud. mungkin kita melakukan bukan hanya dengan mengharap saja , tapi butuh usaha dan doa agar semua harapan yang ada jadi kenyataan. 
                     
                   
                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kolom untuk berbagi kritik dan saran nya :D